728x90 AdSpace

  • Latest News

    Senin, 21 November 2022

    Tiga Terdakwa Dituntut 15 Tahun , Penasehat Hukum Siapkan Pledoi

     



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) - Setelah sempat tertunda sepekan untuk pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap 3 (tiga)  terdakwa yaitu  Zainal Huda Purnama,  Rizky Puguh Wibowo, dan Minggus Umboh, yang tersandung dugaan perkara penipuan investasi berkedok robot trading Viral Blast Global.

    Senin (21/11/2022), Jaksa Penuntut Umum (JPU) Darwis SH dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya membacakan tuntutan terhadap tiga terdakwa di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.
     
    "Menuntut supaya majelis hakim memutuskan dan menyatakan terdakwa Zainal Huda Purnama,  Rizky Puguh Wibowo, dan Minggus Umboh, terbukti  bersalah melakukan tindak pidana bersama sama melakukan skema piramida sebagaimana dakwaan alternatif 1. Permufakatan jahat pencucian yang dalam dakwaan alternatif 1. Menjatuhkan pidana 15 tahun dan denda Rp 10 miliar, jika tidak dibayar diganti kurungan 1 tahun," ucap JPU Darwis yang membacakan tuntutannya secara singkat ini.

    Setelah membacakan tuntutannya,  Hakim Ketua DR Sutarno SH menyatakan, sidang berikutnya akan dilakukan pada Selasa (29/11/2022) depan, dengan agenda pembacaan nota pembelaan (pledoi) jam 09.00 pagi.

    "Baiklah, pledoi pada Selasa depan ya," ujarnya seraya mengetukkan palunya sebagai pertanda sidang  berakhir dan selesai.

    Sehabis sidang, Ketua Tim Penasehat Hukum (PH) tiga terdakwa, yakni Appe Hamongan Hutauruk SH mengatakan, tuntutan Jaksa itu adalah hal yang biasa, karena dituntut pasal 105 Undang-Undang Perdangan dan komulatifnya dengan TPPU.

    "Tetapi, penilaian kami tidak terbukti akan dituangkan dalam nota pembelaan (pledoi). Pada ujungnya, nanti majelis hakim yang menentukan putusan, berdasarkan fakta fakta hukum yang terungkap di persidangan. Masing-masing pihak boleh mengajukan kesimpulan, sesuai fakta fakta hukum di persidangan. Tetapi, akhirnya diserahkan pada majelis hakim untuk untuk menentukan dan putuskan apakah fakta fakta tersebut mengarah pada terbukti atau tidak terbukti atas dugaan tindak pidana yang didakwaan jaksa pada para terdakwa," katanya.

    Menurut Appe SH, hakim dianggap tahu dan diserahkan pada pengadilan untuk memberikan putusan yang baik dan benar. Harapannya, Appe yakin sejak awal para terdakwa tidak bersalah, berdasarkan fakta fakta yang terungkap di persidangan.

    "Tidak ada saksi yang mampu memberikan arahan atau melakukan distribusi barang secara piramida. Tidak ada saksi yang memberikan presentasi begitu. Ini adalah asumsi-asumsi yang dibangun. Bahkan Putra Wibowo masih DPO," ungkapnya. 

    Sebenarnya, lanjut Appe SH,  ujungnya di sini dan perkara ini dibuat oleh polisi yang bertindak sebagai penyidik. 

    "Polisi sebagai pelapor, polisi juga sebagai penyidik. Ada tiga penyidik, Daniel Hutagalung dan temannya dari Mabes Polri. Itu sudah kita laporkan ke Propam," tandasnya.

    Selama ini, pemeriskaan perkara Jaksa tidak pernah menunjukkan, misalnya uang yang disita itu mana. Berita Acara Penyitaan tidak pernah diperlihatkan , hal ini sudah melanggar azas persidangan yang baik dan benar. (ded) 



     


     



    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tiga Terdakwa Dituntut 15 Tahun , Penasehat Hukum Siapkan Pledoi Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas