728x90 AdSpace

  • Latest News

    Rabu, 23 November 2022

    Terdakwa Ferri Jocom Layak Dibebaskan

     




    SURABAYA (mediasurabayarek.com) - Kembali sidang lanjutan terdakwa Ferri Jocom, eks oknum Satpol PP Surabaya yang tersandung dugaan perkara menjual barang hasil (sitaan) di Gudang Satpol PP Kota Surabaya,kali ini dengan agenda pembacaan nota pembelaan (pledoi) yang digelar di ruang Candra Pengadilan Tindak Pidana Korupsi,  Rabu (23/11/2022).

    Dalam pledoinya, Ketua Tim Penasehat Hukum (PH) terdakwa, yakni Abd. Rahman Saleh SH MH didampingi Iwan Harimurti SH MH menyatakan, tidak sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sebab, PT Raksa yang telah merusak dan menghancurkan barang, seharusnya menjadi terdakwa dalam perkara ini.

    "Selain itu, Sunadi (Cak Sun), Yateno (Yatno), M Muhammad  S Hanjaya (Abah Yaya), Slamet Sugiano (Sugi) seharusnya dijadikan terdakwa pula," ucapnya.

    Ferri Jocom tidak menguasai barang dan tidak terbukti bersalah tetapi yang menguasai barang adalah Abdurrahman dan PT Raksa. Maka dengan demikian, tidak ada penguasaan secara fisik barang sitaan Satpol PP Kota Madya Surabaya dikuasai oleh terdakwa Ferri Jocom.

    Justru barang-barang sitaan ditransaksikan, dikuasai oleh saksi Sunadi  (Cak Sun), Yateno (Yatno), M Muhammad  S Hanjaya (Abah Yaya), Slamet Sugiano (Sugi) dan Abdurrahman. Mereka ini semuanya harus dijadikan tersangka. 

    Malahan dihancurkan dan dileburkan oleh PT Raksa, sehingga barang tersebut sudah kehilangan bentuk dan wujudnya,  namun PT Raksa tidak tersentuh sama-sekali dalam perkara ini.

    "Hal ini menjadi pertanyaan bagi kita semuanya sebagai pihak yang terlibat  dalam mencari kebenaran materiil dalam perkara ini. Dengan nyata sekali unsur yang dikuasainya karena jabatan tidak terbukti,"  ujar Abd. Rahman Saleh SH MH dan Iwan Harimurti SH MH.

    Bahwa terdakwa Ferri Jocom tidak ada niat dan kehendak untuk melakukan kejahatan atau tidak melakukan  percobaan kejahatan sebagai Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Surabaya, berdasarkan Keputusan Wali Kota Surabaya Nomor 821.2/16292/436.8.3/2021 tanggal 30 Desember  2021 telah melakukan tugasnya dengan baik.

    Menurut Abd. Rahman Saleh SH MH dan Iwan Harimurti SH MH, pihaknya berharap kepada  majelis hakim yang mengadili perkara ini agar obyektif hukum dalam menllai sebuah peristiwa pidana. Agar keadilan hukum ada dan lahir dari tubuh dan jiwa roh keadilan hukum.

    Yakni keadilan hukum yang bermartabat hukum dan bermarwah hukum. Obyektif dalam mengadili hukum, sehingga hukum benar benar tegak hukum.

    "Kami mohon  kepada  majelis hukum yang mengadili dan memeriksa perkara ini memberikan putusan, menyatakan terdakwa Ferri Jocom tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU)," katanya.

    Selain itu, memulihkan nama baik, harkat dan martabat terdakwa Ferri Jocom dan membebankan biaya perkara ini kepada negara.

    "Apabila majelis hakim berpendapat lain, kami mohon putusan yang seadil-adilnya sesuai dengan keadilan hukum, yakni membebaskan terdakwa Ferri Jocom  demi hukum dari segala dakwaan dan tuntutan hukum. Akhinya kami serahkan nasib terdakwa Ferri kepada majelis hakim dengan  memberikan putusan yang seadil-adilnya ," cetus  Abd. Rahman Saleh SH MH dan Iwan Harimurti SH MH.

    Dalam tuntutan JPU dari  Kejaksaan Negeri Surabaya, Nur Rachmansyah, menjerat terdakwa sebagaimana yang diatur dalam pasal 10 huruf a Juncto pasal 15 Juncto pasal 18 Undang Undang RI nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang RI nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang Undang RI nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

    JPU menyatakan, terdakwa telah secara sah terbukti sehingga, pihak JPU menuntut terdakwa pidana bui selama 5 tahun.  JPU juga mewajibkan terdakwa membayar denda sebesar 100 Juta. Jika ketentuan tersebut, tidak dibayar maka terdakwa akan dikenakan pidana penjara selama 6 bulan sebagai pengganti. (ded)

    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Terdakwa Ferri Jocom Layak Dibebaskan Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas