728x90 AdSpace

  • Latest News

    Selasa, 20 September 2022

    Sidang Perdana Terdakwa Andrianto, Penasehat Hukum Masbuhin SH Akan Ajukan Eksepsi

     


    SURABAYA (mediasurabayarek.com) - Sidang perdana terdakwa Andrianto, SE.M.Ak yang tersandung dugaan perkara  tindak pidana korupsi, dengan agenda pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ando SH dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya di Pengadilan Tipikor Juanda, Selasa (20/9/2022).   

    Nah, setelah membuka sidang terbuka untuk  umum, Hakim Ketua I Dewa Gede Suarditha SH MH  langsung mempersilahkan JPU Ando SH untuk membacakan surat dakwaannya.

    "Silahkan Jaksa membacakan surat dakwaannya," ucap Hakim Ketua I Dewa Gede  Suarditha SH.

    JPU Ando SH membacakan surat dakwaannya, yang pada pokoknya terdakwa Andrianto, Staf Operasional Kredit Bank Jatim Cabang Dr Soetomo bersama Jefri, Direktur Utama (Dirut) UD Mentari Jaya (diduga) melakukan tindak pidana korupsi dalam pengajuan kredit sebesar Rp 1,4 miliar.

    Terdakwa Andrianto didakwa melanggar pasal 2  ayat (1)  dan pasal 3 Undang-Undang  Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 Jo  pasal 55 KUHP. 

    "Terdakwa tidak menerapkan prinsip kehati-hatian dalam perbankan (pengajuan kredit)," ucap Jaksa Ando SH.

    Setelah pembacaan surat dakwaan dirasakan sudah cukup, Hakim Ketua I Dewa Gede  Suarditha SH bertanya pada Penasehat Hukum (PH) terdakwa Andrianto, yakni Masbuhin SH MH apakah akan mengajukan nota keberatan (eksepsi) pada persidangan berikutnya.

    "Saya akan mengajukan eksepsi Yang Mulia," ujar PH  Masbuhin SH MH yang juga meminta salinan BAP dan surat dakwaan Jaksa. 

    Mendengar permintaan ini, Hakim Ketua  I Dewa Gede  Suarditha SH  memberikan respon positif dan memerintahkan Jaksa untuk memberikan salinan BAP nantinya.

    "Dengan adanya salinan BAP, akan membuat sidang makin hidup dan Penasehat Hukum terdakwa banyak bertanya nantinya," katanya.

    Sehabis sidang,   Masbuhin SH MH mengatakan, pihaknya mengajukan eksepsi, karena surat dakwan Jaksa tidak diurai secara cermat, kabur dan tidak lengkap. 

    "Pertama harus dilihat status dan kedudukan Andrianto ini , bukan sebagai Penyelia kredit dan Kepala Cabang Bank Jatim yang menandatangani akad kredit sampai pencairannya. Dia (Andrianto) hanya sebagai Staf Administrasi , yang hanya mengurusi siapa yang mendaftarkan permohonan kredit, dan itu bukan nasabahnya Andrianto. Tetapi nasabahnya Penyelia Kredit," cetusnya.

    Terdakwa Andrianto didakwa melanggar pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 Undang-Undang  Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 ,  dan pasal 55 ayat (1) KUHP. (ded)







    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sidang Perdana Terdakwa Andrianto, Penasehat Hukum Masbuhin SH Akan Ajukan Eksepsi Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas