728x90 AdSpace

  • Latest News

    Senin, 04 Juli 2022

    Sudah Ada Perdamaian dan Ganti-Rugi, Terdakwa Agnes Yuswan Dituntut 1 Tahun 6 Bulan

     

                                                 Nanang Sutrisno SH


    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Sidang lanjutan terdakwa  Agnes  Septian Yuswan Pribadi , yang tersandung dugaan pencurian, memasuki babak penuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hasan SH dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Surabaya, digelar di ruang Kartika 2 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (4/7/2022).

    Dalam surat tuntutannya, JPU  Hasan SH  menyatakan, terdakwa  Agens  Yuswan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencurian, sebagaimana diatur dan diancam dalam pasal 362 KUHP.

    "Menjatuhkan pidana 1 tahun dan 6 bulan, dipotong masa tahanan," ujarnya.

    Setelah membacakan tuntutannya , Hakim Ketua mengatakan, terdakwa Agnes Yuswan maupun Penasehat Hukum (PH) nya, diberikan kesempatan untuk mengajukan nota pembelaan (pledoi) pada Kamis, 14 Juli 2022.

    "Silahkan PH terdakwa mengajukan pledoi Kamis 14 Juli nanti," ucapnya seraya mengetukkan palunya sebagai pertanda sidang ditutup dan selesai .

    Sehabis sidang, salah satu Penasehat Hukum (PH) terdakwa,  Nanang Sutrisno SH mengatakan, tuntutan Jaksa terhadap terdakwa Agnes Yuswan dinilai terlalu tinggi dan sangat keberatan.

    Pasalnya, sudah ada pencabutan laporan dan sudah ada perdamaian, disertai ganti rugi. Seharusnya atas perkara terdakwa ini diterapkan Restorasi Justice (RJ).

    "Ini hanyalah perkara pencurian HP senilai Rp 5 juta dan surat berharga. Terdakwa sudah ada perdamaian dan memberikan ganti rugi. Seharusnya diterapkan Restorasi Justice (RJ)," kata Nanang Sutrisno SH.

    Sebagaiman dalam dakwan Jaksa, disebutkan bahwa  terdakwa Agnes Septian Yuswan Pribadi pada hari Rabu tanggal 01 Desember 2021 seki tar  jam 16.30 WIB bertempat di Gudang Shopee Jl Tambak Osowilangun Blok A-1 Surabaya  telah melakukan perbuatan pencurian. 

    Berawal pada hari Rabu tanggal 01 Desember 2021 sekira jam 16.30 wib saat terdakwa pulang bekerja, ketika terdakwa berada di tempat loker ruang in out pergudangan Shopee dan keadaan sekitar saat itu sedang sepi.

    Kala itu,  terdakwa melihat ada 1 (satu) buah tas ransel yang tergeletak di dekat loker di ruang in out pergudangan Shopee tersebut, kemudian timbul niat terdakwa untuk mengambil tas tersebut.

    Setelah memastikan keadaan sekitar sepi terdakwa segera mengambil 1 (satu) buah tas ransel tersebut dengan menggunakan tangan terdakwa. Dan  selanjutnya terdakwa membawa tas tersebut keluar dari gudang, setelah itu terdakwa buka isinya ternyata di dalam tas tersebut terdapat 1 (satu) unit handphone merk Redmi Note 8 warna biru, 1 (satu) lembar STNKB Asli Sepeda Motor Honda Beat tahun 2019 Nopol W-2896-C, KTP atas nama Dimas Aldi Pratama, buku tabungan Bank Mandiri atas nama Dimas Aldi Pratama, 1 (satu) buah ATM BCA, dan uang tunai sebesar Rp 20.000.

    Kemudian terdakwa mengambil 1 (satu) unit handphone merk Redmi Note 8 warna biru serta uang sebesar Rp 20.000 tersebut. Sedangkan barang lainnya terdakwa buang di jalan raya Osowilangun, selanjutnya terdakwa menjual 1 (satu) unit handphone merk Redmi Note 8 warna biru melalui facebook dengan harga Rp 1.100.000,  yang kemudian uang hasil penjualan telah habis terdakwa pergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

    Selain itu, terdakwa dalam mengambil 1 (satu) buah tas ransel yang didalamnya juga terdapat 1 (satu) lembar STNKB Asli Sepeda Motor Honda Beat tahun 2019 Nopol W-2896-C, KTP atas nama Dimas Aldi Pratama, buku tabungan Bank Mandiri atas nama Dimas Aldi Pratama, 1 (satu) buah ATM BCA, dan uang tunai sebesar Rp 20.000 tersebut , tanpa seijin dan sepengetahuan pemiliknya yatitu Saksi Dimas Aldi Pratama.

    Akibat perbuatan terdakwa, Saksi Dimas Aldi Pratama mengalami kerugian lebih kurang sebesar Rp 10.000.000.  (ded)

    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sudah Ada Perdamaian dan Ganti-Rugi, Terdakwa Agnes Yuswan Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas