728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sabtu, 11 September 2021

    Danamon Tagihkan Dari Sisi Perdata, Tapi Pidananya Dipaksakan

     



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Kurator PT BBA , Tutut Rokhayatun SH MH, dihadirkan sebagai saksi meringankan dari terdakwa Anthony dan Diana, yang memberikan keterangan di persidangan.

    Dalam keterangannya, saksi  Tutut Rokhayatun SH MH menyatakan, bahwa PT BBA adalah debitur Bank Danamon. Dalam proses pailit, diketahui bahwa Bank Danamon adalah kreditur tetap.

    "Untuk pengajuan kredit yang dilakukan PT BBA dengan jaminan mesin. Penjualan aset jaminan sudah terjual dan terbayar dari jaminan. Kendati masih ada piutang dari Danamon sekitar separuh. Kini, dalam proses pemberesan," ucapnya.

    Setelah mendengarkan keterangan saksi dan dirasakan sudah cukup, Hakim Ketua Suparno SH Mhum  menyatakan, sidang akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi  dan ahli  pada sidang berikutnya, Rabu (16/9/2021) mendatang.

    "Sidang akan dilanjutkan Rabu depan dengan agenda pemeriksaan saksi dan ahli," ujar Hakim Ketua Suparno SH Mhum sambil mengetukkan palunya sebagai tanda sidang berakhir.

    Sehabis sidang, Penasehat  Hukum (PH)  Anthony dan Diana, yakni Hilmy F Ali SH mengatakan,  Tutut menerangkan sejak PT BBA dipailitkan pada tahun 2018 itu Bank Danamon sudah mengajukan tagihan pemberesan harta pailit,  yang total awalnya Rp 98 miliar. 

    Namun dikurangi pencairan deposito yang dilakukan Danamon terhadap deposito pribadi  milik Anthony dan Diana, sehingga tagihan terakhir sebesar Rp 68 miliar sekian.

    Tagihan tersebut masih dalam proses kepailitan dan  bergulirnya sidang pidana ini, Bank Danamon masih tercatat sebagai kreditur tetap dari pemberesan pailit PT BBA.

    "Kurator bukan hanya bekerja untuk Bank Danamon saja, tetapi ada bank bank lain dan kreditur lainnya," ucapnya. 

    Terkait dakwan yang dituduhkan pada Anthony dan Diana, pasal  263 KUHP dan penipuan.  Bagaimana mungkin PT BBA, Anthony dan Diana disangkakan pasal penipuan dan pemalsuan. 

    Sedangkan, di sisi lain kreditur tetap menagihkan kerugiannya pada kurator. Kerugian apa yang diderita Danamon, PT BBA tidak bisa bayar karena pailit. Masih proses pailit, Danamon juga akan nagih dan akan mendapatkan pemberesan harta pailit atau pembayaran dari kurator.

    "Nilai jaminan yang ada di Bank Danamon lebih tinggi dari nilai hutangnya. Danamon di sisi lain, menagihkan dari sisi perdata. Tetapi, pidananya dipaksakan. Sampai detik ini, hasil dari pemeriksaan saksi saksi yang dihadirkan di persidangan, belum terbukti tindak pidana yang didakwaan jaksa atas terdakwa," kata   Hilmy F Ali SH .

    Harapannya, terdakwa Anthony dan Diana diputus bebas. Dan untuk sidang berikutnya dengan agenda pemeriksaan saksi dan ahli dari PT BBA. (ded)



    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Danamon Tagihkan Dari Sisi Perdata, Tapi Pidananya Dipaksakan Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas