728x90 AdSpace

  • Latest News

    Senin, 22 Februari 2021

    Eksepsi Cristian Halim Ditolak, Sidang Dilanjutkan Pemeriksaan Pokok Perkara

     



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Majelis hakim Pengadilan Negeri  (PN) Surabaya membacakan putusan sela atas terdakwa Cristian Halim, yang tersandung perkara dugaan penipuan dan penggelapan dana proyek pertambangan nikel, yang digelar di ruang Candra   PN Surabaya, Senin (22/2/2021). 

    Dalam amar putusannya, Hakim Ketua  Tumpal Sagala SH Mhum menolak eksepsi Penasehat Hukum (PH) terdakwa  seluruhnya dan memerintahkan melanjutkan pemeriksaan pokok perkara.

    "Mengadili menolak eksepsi PH terdakwa seluruhnya dan memerintahkan melanjutkan pemeriksaan pokok perkara. Sedangkan untuk biaya perkara ditentukan kemudian," ucapnya.

    Ketika Hakim Ketua Tumpal Sagala SH MHUm bertanya kepada  Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sabetania Paembonan SH, apakah sudah menyiapkan saksi dalam persidangan.

    "Belum Yang Mulia. Kami usahakan Kamis (25/2/2021) akan dihadirkan saksi di persidangan," ujar JPU Sabetania SH.

    "Baiklah, sidang pemeriksaan saksi akan dilakukan pada Kamis (25/2) besok. Saya mengingatkan, sidang perkara Christian Halim ini digelar seminggu dua kali, yakni hari Senin dan Kamis," katanya.

    Sehabis sidang,  PH  Jaka Maulana SH  mengatakan, pihaknya sudah merasa bahwa eksepsi akan ditolak majelis hakim dan sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan pokok perkara.

    Namun demikian, Jaka Maulana SH menegaskan, bahwa berdasarkan hasil audit laporan keuangan kliennya (terdakwa Cristian Halim-red) terhadap proyek ini, justru ada kerugian defisit sebesar Rp 700 juta pada diri terdakwa. 

    Sementara tagihan yang dimintakan pada Christeven Mergonoto  belum dibayar sebesar  Rp 8 miliar. Tagihan nggak dapat, uang difisit dan orangnya (Christian Halim) dipenjarakan.

    "Ada indikasi Genta (pemilik ijin) pingin lepas tangan dan pingin bilang kalau bukan lahan yang jelek. Dia pengelola dari awal bilang ini  lahan bagus dan begini, begini di Morowali. Ternyata dilakukan uji coba eksplorasi, ternyata tidak bagus," cetus PH Jaka Maulana SH.

    Ada kecurigaan, lanjut dia, mengkambing hitamkan terdakwa Christian Hakim seolah olah infrastrukturnya yang jelek . Jadi produksinya tidak bagus. Infrastruktur sebagus apapun, kalau  depositnya  jelek ya jelek saja. 

    "Termasuk Christeven Mergonoto  mungkin ingin alihkan pertanggungjawaban soal uang yang sudah keluar Rp 20,5 miliar dan nggak jadi apa -apa ini, daripada  diomelin sama siapa kali , disalahin klien saya (Christian Halim-red)," ungkap PH Jaka Maulana SH.

    Sebenarnya, kata Jaka Maulana SH, perkara ini sebenarnya sengketa kontrak, bermasalah soal nilai, tidak ada tipu muslihat, nama palsu. Ini bukan tindak pidana penipuan ataupun penggelapan. 

    "Kami ingin mudah mudahakan pengadilan bisa obyektif dan netral terhadap perkara ini," tukasnya. (ded)


    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Eksepsi Cristian Halim Ditolak, Sidang Dilanjutkan Pemeriksaan Pokok Perkara Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas