728x90 AdSpace

  • Latest News

    Jumat, 02 Oktober 2020

    dr Sudjarno Dituntut Hukuman Percobaan, PH Siap Ajukan Pledoi






    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Setelah pembacaan tuntutan atas terdakwa dr Sudjarno yang tertunda sampai tiga kali sidang, akhirnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Gede Welly Pramana dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya, menuntut mantan Direktur Rumah Sakit (RS) Mata Undaan dr. H. Sudjarno. W, Sp.M, dengan hukuman empat (4) bulan tidak perlu jalani, 8 bulan masa percobaan.


    Pertimbangannya,  bahwa pihak Rumah Sakit telah memberikan kompensasi sebesar Rp 400 juta terhadap korban Alessandrasesha Santoso dan dokter Lidya Nuradianti  masih berkerja di RS Mata Undaan. 

    "Untuk itu terdakwa terbukti bersalah melangar Pasal 311 melakukan pencemaran secara tertulis dan menuntut terdakwa dengan pidana 4 bulan tampa dijalani dengan 8 bulan masa percobaan,"  ucap  Welly di Ruang Sari 2 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (1/10/2020).

    JPU menambahkan, bahwa terdakwa tidak bisa membuktikan saksi pelapor telah melakukan pelangaran kode etik.


    Sementara itu, Penasehat Hukum terdakwa, Sumarso SH menyatakan,  meminta waktu 2 minggu untuk mengajukan pledio dikarenakan  masih menunggu hasil putusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) pusat.


    "Karena putusan itu penting bagi klien kami. Apabila dalam putusan tersebut dokter Lidya Nuradianti dinyatakan bersalah maka kami bisa permasalahan tuntutan tersebut. Nanti kita buka hasil putusan di persidangan", kata PH Sumarso SH. 

    Sebagaimana diketahui,  kasus ini bermula adanya pasien dari RS Mata Undaan Alessandrasesha Santoso mendapat tindakan medis yang dilakukan oleh perawat Anggi Surya Arsana atas rekomendasi dari dokter Lidya Nuradianti.

    Atas tindakan tersebut terdakwa yang saat itu menjabat Direktur RS Mata Undaan memberikan teguran secara tertulis. Merasa tak bersalah dr Lidya Nuradianti dengan tuduhan telah melanggar kode etik dan profesi kedokteran melalui surat teguran tersebut.

    Sehingga melaporkan ke Polrestabes Surabaya dengan bukti putusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Nomer :06/MKEK/IDI-SBY/VII/2018 Tanggal 20 Agustus 2018. (ded)
    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: dr Sudjarno Dituntut Hukuman Percobaan, PH Siap Ajukan Pledoi Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas