728x90 AdSpace

  • Latest News

    Kamis, 23 Juli 2020

    Puncak HUT INI Ke-112 Gelar Seminar Offline dan Online











    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Pengurus  Wilayah (Pengwil) Jawa-Timur Ikatan Notaris Indonesia (INI) menggelar seminar offline dan online, sebagai puncak acara memperingati HUT Ke- 112 dengan mengusung tema "
    Kupas Tuntas Permenkumham Nomor 15/2020 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Majelis Pengawas  Terhadap Notaris" di Hotel JW Marriot, Surabaya, Kamis (23/7/2020).

    Dalam seminar ini, sebagai narasumber adalah Dr Subianta Mandala SH LLM, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kemenkumham Jatim, Machmud Fauzi SH MKNW/notaris --PPAT Surababya, dan Krismono, Bc.IP, SH, MH, Kakanwil Kemenkumham Jatim (keynote speaker).

    Dalam sambutannya, Krismono, Bc.IP, SH, MH, Kakanwil Kemenkumham Jatim menyatakan,  teman teman notaris harus hati hati, cermat dan telitik dalam melaksanakan tugas sebagai notaris yang membuat akte otentik.

    Ini mengingat, sampai Juli 2020 ada 109 penyidikan yang disampaikan majelis kehormatan  notaris, yang terkait dengan masalah hukum.

    "Saya prihatin di media massa ada berita notaris terlibat penipuan dan penggelapan dan kini ditahan di Polda Jatim. Kami mohon  dukungan notaris, kalau tahun lalu ada masalah, jangan diulangi lagi. Ada 10 orang yang dipidanakan,"  ucap Krismono.

    Menurutnya, lebih baik jumlah notaris sedikit, tetapi bekerja dengan profesional. Daripada notaris begitu banyak, namun bermasalah.

    Kini saatnya, notaris membangun profesionalitas, guyun rukun, sinergitas eksternal dan internal, dan transparan. "Penting sekali untuk membangun kepercayaan masyarakat. Inovasi yang dibangun INI luar bias dan masyarakat puas dengan pelayanan notaris," ujar Krismono.

    Dalam kesempatan itu, Krismono  punya tanggungjawab membina notaris sebagai komponen  bidang hukum dan penting bagi pemerintah. "Kami mengajak notaris untuk mewujudkan kemudahan  berinvestasi dan menyederhakan regulasi pengurusan ijin ijin usaha," cetusnya.

    Sesuai amanah dan jabatan notaris, lanjut Krismono, notaris harus mempunyai integritas, profesional, jujur, mandiri dan tidak berpihak , menjunjung tinggi kode etik dan tidak mengejar keuntungan semata.

    Tak lupa, Krismono memberikan apresiasi kepada INI Jatim  yang bisa melaksanakan acara semegah ini,  yang tidak terlepas dari ketatnya protokol kesehatan. Padahal, masih dalam ituasi pandemi Covid-19 ini yang dirasakan masyarakat adanya kecemasan luar biasa.

    "Terimakasih kepada Ketua INI Jatim yang bisa memprakarsai  acara semacam ini. Atas nama negara dan pemerintah mengucapkan selamat HUT INI ke-112 atas darma bakti, partisipasi dan kontribusinya dalam membangun bangsa Indonesia. Silahkan terus dilanjutkan di masa mendatang," ucapnya.

    Sementara itu, Ketua Pengwil Jatim INI,  Siti Anggraenie Hapsari SH MKn mengatakan, pihaknya membangun sinergitas antara INI dan Kemenkumham  untuk berbagi ilmu.

    Dijelaskan Heni--panggilan akrab Siti Anggraenie Hapsari SH MKn --bahwa peserta seminar online banyak yang mendaftarkan diri. Namun, di era new normal ini, jumlah peserta dibatasi.

    "Ada 112 peserta yang mengikuti seminar ini. Padahal semula hanya dibatasi 50 peserta saja. Hotel terapkan protokol kesehatan dan tetap sehat. Kami mengucapkan terimakasih  pada ketua panitia dan koordinator atas terlaksananya acara ini demi kejayaan notaris.  Jatim hebat , kompak dan rukun sak lawase," cetus Heni.

    Menurut Heni, seminar ini adalah puncak acara HUT INI ke-112 dengan menggelar seminar offline dan online.  Sebelumnya, rangkaian acara yang telah dilakukan adalah menggela acara bakti sosial penyemprotan, pembagian sembako sebanyak 377 paket, lomba virtul, tik tok dan diakhiri dengan seminar ini.

    Sementara itu, Ketua Panitia, Ribka Avie menyampaikan terima kasih kepda rekan rekan notaris, yang mencurakan perhatian atas terlaksananya acara ini dengan lancar dan sukses.  (ded) 
    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Puncak HUT INI Ke-112 Gelar Seminar Offline dan Online Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas