728x90 AdSpace

  • Latest News

    Minggu, 12 Juli 2020

    Deklarasi Warga Sukolilo Bulak, Kenjeran, Dukung SAH












    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Luar biasa ! Mungkin inilah ungkapan yang pas untuk menggambarkan semangat SAH (Siti Anggraenie Hapsari) yang maju sebagai calon Wakil Wali Kota Surabaya , ini tidak mengenal kata  lelah untuk menyapa dan berdialog langsung dengan warga masyarakat tentang apa yang diinginkan dan apa yang masih dirasakan kurang.

    Minggu (12/7/2020), menggelar deklarasi warga Sukolilo Bulak, Kenjeran  yang memberikan dukungan pada  SAH  untuk maju sebagai Wakil Wali Kota Surabaya di tengah-tengah perairan Kenjeran, Surabaya.

    Ketua RW 02, Sukolilo, Kenjeran, Anang menyatakan, pihaknya ingin adanya peningkatan pendapatan yang diperoleh para nelayan Kenjera. Bahkan, adanya perbaikan nasib dan kesejahteraan para nelayan.


    "Masyarakat nelayan mencari ikan dan rebon di lautan, namun hanya dihargai Rp 2.000 per kg. Hasil tangkapan nelayan dihargai sangat rendah oleh tengkulak. Kami mengharapkan adanya peningkatan harga hasil tangkapan ikan dan rebon agar nasib nelayan bisa sejahtera nantinya," ucapnya.


    Menurut Anang, jikalau SAH menjadi calon Wakil Wali Kota Surabaya dan nantinya terpilih dan menjadi Wakil Wali Kota, menitipkan pesan agar memperhatikan nasib nelayan Kenjeran.



    Mendengar curhatan Anang ini, SAH mengatakan, jika terpilih dan menjadi Wakil Wali Kota Surabaya nanti, akan membenahi, mengingat dan mengutamakan nasib para nelayan Kenjeran.

    "Kami akan mengiventarisir apa yang menjadi keinginan para nelayan. Ini akan menjadi program kami ke depan. Utamanya, mensejahterakan para nelayaran Kenjeran. Kita harus lebih maju dan lebih baik lagi. Tingkatkan perekonomian para nelayan di Kenjeran ini," ujar SAH.

    SAH berjanji akan sering bertatap muka, menyapa warga Kenjeran dan sering melakukan komunikasi. Sekaligus memahami keinginan warga masyarakat di sini.

    Dalam kesempatan itu, SAH tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada semua nelayan yang memberikan dukungan pada SAH untuk menjadi Wakil Wali Kota Surabaya.

    "Di tengah-tengah pandemi Covid-19 dan di tengah  terik matahari, serta garam asin air laut ini. Insya Allah Corona tidak bisa mendekati masyaraka. Di sini, zona hijau dan aman. Semoga kita semua diberikan kesehatan," kata SAH.

    Namun demikian, SAH tidak lupa mengumandangkan slogannya. "Suroboyo...Suroboyo...!," ucapnya.  Spontan dijawab oleh para nelayan Kenjeran," SAH, SAH...SAH...," kata  para nelayan dengan penuh semangat.  

    "Berani jadi penerus lebih baik ? Harus," cetus SAH.





    Menurut SAH, pihaknya memahami suara hati dari para nelayan Kenjeran ini. Bahkan, SAH adalah salah satu yang pro-reklamasi atau perluasan di lautan. Namun demikian, tujuannya adalah untuk kepentingan warga setempat, dan bukan untuk kepentingan investor asing.

    Lahan di pantai makin berkurang, namun jumlah keluarga kian bertambah. Kebutuhan untuk lahan untuk menjemur hasil tangkapan ikan dan mengelola ikan itu sendiri, sudah makin mendesak.

    Untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan, dibutuhkan inovasi produk. "Jangan hanya sekadar hasil ikan dijemur dan dijual begitu saja. Namun, hasil laut itu harus dikelola dengan baik, dikemas dengan baik, dan memiliki nilai jual yang tinggi. Agar harganya bisa lebih tinggi dan meningkatkan nasib dan kesejahteraan nelayan," ungkap SAH.

    Salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, adalah masyarakat harus makin suka mengonsumsi ikan untuk kebutuhan makan sehari-hari.

    "Hal ini akan mampu meningkatkan permintaan ikan makin banyak lagi. Ini akan menjadi pekerjaan rumah (PR) kami nantinya.  Kalau kami jadi Wakil Wali Kota Surabaya, akan menyelesaikan tanggul -tanggul yang belum diselesaikan. Anggaran tahun 2021 untuk peningkatan tanggul harus dianggarkan," tukas SAH.

    Ketika SAH bertanya pada para nelayan, apakah sudah mempunyai koperasi nelayan ?

    Para nelayan menjawab, hingga saat ini masih belum punya koperasi. Pembentukan koperasi pemasaran produk nelayan dan koperasi simpan pinjam dengan bunga rendah sangat dibutuhkan para nelayan.

    SAH memperkenalkan diri kepada nelayan Kenjeran dan memberitahukan bahwa profesinya sebagai seorang notaris. 

    "Kami bisa membantu pendirian koperasi dan ijin usaha UMKM bagi para nelayan secara gratis. Ini bukan sekedar janji belaka. Ikatan Notaris Indonesia (INI) Surabaya akan membantu membentuk badan hukum usaha skala kecil, UMKM bagi nelayan secara gratis,"  tandas SAH. (ded) 













     (ded)



    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Deklarasi Warga Sukolilo Bulak, Kenjeran, Dukung SAH Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas