728x90 AdSpace

  • Latest News

    Selasa, 19 Mei 2020

    Terdakwa Sidik Sarjono Layak Dibebaskan




    SURABAYA (mediasurabayarek.com) –  Sidang lanjutan terdakwa M. Sidik Sarjono ST,  yang tersandung dugaan perkara penipuan , kini memasuki agenda pembacaan nota pembelaan (pledoi) yang dilangsungkan di ruang Candra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (19/5/2020).

    Dalam pledoinya, Penasehat Hukum (PH), I Putu Bagus Uta Dharma Susila, S.H., M.Kn menyatakan, dalam fakta persidangan unsur unsur pasal yang didakwakan dan dituntutkan terhadap terdakwa M Sidik Sarjono tidak terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan pidana , sebagaimana dalam dakwaan pertama maupun dakwaan kedua.

    "Oleh karenanya,  kami selaku PH terdakwa Sidik memohon kepada majelis hakim Yang mulia yang memeriksa dan mengadili perkara ini untuk berkenan memutuskan, menyatakan terdakwa tidak terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penipuan, sebagaimana dalam dakwaan pertama pasal 378 KUHPidana," ucapnya.

    Menurut PH I Putu Bagus Uta Dharma Susila, pihaknya memohon terdakwa dibebaskan dari dakwaan pertama dan majelis hakim menyatakan terdakwa tidak terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penggelapan , sebagaimana dalam dakwaan kedua pasal 327 KUHP.

    "Membebasan terdakwa dari dakwaan kedua tersebut. Membebaskan terdakwa dari segala dakwaan atau setidak tidaknya menyatakan terdakwa lepas dari segala tuntutan hukum. Memerintahkan agar terdakwa dibebaskan dari tahanan, memulihkan nama baik, harkat dan martabat terdakwa sebagaimana semula dan membebankan biaya perkara kepada negara," katanya.


    Sebagaimana diketahui, terdakwa Sidik dituntut selama satu tahun penjara  oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sulfikar dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak.


    Dalam dakwaan jaksa, disebutkan bahwa  saksi Juhdi Syahirul Alim melaporkan kasus ini ke Polrestabes Surabaya. Sebelumnya, dia tertarik dengan  membeli 2 buah kavling seharga Rp 354 juta. 

    Kavling tersebut berada di blok C-20 dan C-21 Perumahan Multazam Islamic Residance, desa Kalanganyar, kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

    Gara-gara tidak ada progres yang jelas, saksi Juhdi Syahirul Alim melaporkan kasus ini ke Polrestabes Surabaya. Tetapi, sudah ada perdamaian dan uang korban sudah dikembalikan oleh terdakwa Sidik.  (ded)
    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Terdakwa Sidik Sarjono Layak Dibebaskan Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas