728x90 AdSpace

  • Latest News

    Selasa, 19 Mei 2020

    Terdakwa Kholilah Layak Dibebaskan


      Christomus A Gampamole SH



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Sidang lanjutan Kholilah,  yang tersandung perkara dugaan pemalsuan dan penggelapan dalam jabatan, kini memasuki babak pembacaan nota pembelaan (pledoi) yang  digelar di ruang Candra  Pengadilan Negari (PN) Surabaya,  Selasa  (19/5/2020).


    Dalam pledoinya,  Penasehat Hukum (PH)  terdakwa, Christomus A Gampamole SH, menyatakan, sekurang-kurangnya  dua (2) alat bukti yang sah untuk memperoleh keyakinan , bahwa suatu tindak pidana benar benar terjadi dan terdakwa lah  yang bersalah melakukannya.

    Padahal,  terungkap dalam persidangan yang menemukan nota yang diduga palsu adalah Sutrisno (kepala produksi) . Kemudian disampaikan kepada Fransisca (Manager Accounting) dan nota tersebut tidak ditemukan pada diri terdakwa.  

    Berpedoman pada fakta persidangan, analisis yuridis  dan dikaitkan dengan pasal 183 KUHAP dan pasal 184 KUHAP  dan pasal 185 ayat 2 KUHAP tersebut. Maka, terdakwa Kholilah tidak  terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana, sebagaimana didakwaan oleh Jaksa.

    "Kami sebagai PH terdakwa  tidak sependapat dengan tuntutan JPU. Ini mengingat dalam proses persidangan dan pemeriksaan saksi saksi dan  terdakwa serta bukti bukti yang diajukan, tidak ada satupun saksi yang mengetahui siapa pembuat nota palsu atau nota yang diduga fiktif dan penggelapan dilakukan oleh terdakwa," ucap PH Christomus A Gampamole SH.

    Menurutnya, bahwa bukti yang diajukan oleh JPU hanya bukti fotokopi dan bukan bukti aslinya. Selain itu, auditor  tidak hadir di persidangan ini, tanpa ada ketegasan dari jaksa.

    Sehingga sangat merugikan terdakwa. Sebab, sebagai auditor bisa menentukan kerugian Rp 950.115.748, dengan data yang dilakukan  sudah 5 tahun (tahun 2013 s/d tahun 2018). yang diragukan keasliannya, dan diaudit/diselesaikan dalam waktu beberapa hari.


    Terdakwa  sudah bekerja selama 18 tahun tanpa henti, dan selama bekerja  sesuai dengan keterangan  saksi saksi rekan kerja terdakwa, yakni Hadi dan suplier terasi dan cakue.

    Terdakwa tidak pernah melakukan perbuatan curang (membuat nota palsu/fiktif dan penggelapan), karena  pembelian terasi dan cakue  dilakukan secara tunai dan atas perintah Sutrisno dengan lebih dahulu dibuatkan form oleh Sutrisno.

    "Terdakwa hanya menjalankan tugasnya sesuai dengan order yang diminta/ditulis oleh Sutrisno dan dalam tugasnya untuk membayar dilakukan  secara tunai dan pengambilan pesanan terasi dan cakue melalui Hadi," kata PH  Christomus A Gampamole SH.

    Atas dasar itulah, PH   terdakwa, Christomus A Gampamole menyampaikan permohonan  kepada majelis hakim agar menjatuhkan putusan, menyatakan terdakwa tidak  terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum, melakukan  tindak pidana  yang didakwakan kepadanya.


    "Menolak dakwaan  dan tuntutan Jaksa. Membebaskan terdakwa dari dakwaan ke-2, sesuai dengan pasal 191  ayat (1) KUHAP atau setidak tidaknya  melepaskan terdakwa dari semua tuntutan hukum (onslag) sesuai dengan pasal 191 ayat (2) KUHAP. Menyatakan terdakwa bebas demi hukum dan segera dikeluarkan dari tahanan," cetusnya.

    Masih kata PH  Christomus A Gampamole SH, pihaknya juga meminta majelis hakim mengembalikan kemampuan, nama baik, harkat dan  martabat terdakwa ke dalam  kedudukan semula. Membebankan biaya perkara kepada negara.

    "Bilamana  majelis hakim Yang Mulia berpendapat lain,  mohon putusan yang seadil-adilnya menurut hukum," pintanya.

    Sebagaimana diketahui, pada surat tuntutan JPU Nanik SH menyatakan, terdakwa Kholila bersalah melakukan penggelapan dalam jabatan, menjatuhkan pidana tiga (3) tahun dan tetap ditahan.

    Setelah mendengarkan pledoi yang dibacakan PH Christomus A Gampamole SH,  Hakim Ketua Mashuri Effendi SH MHum mengungkapkan, putusan atas Kholilah akan dibacakan pada Selasa (26/5/2020) mendatang. (ded) 


    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Terdakwa Kholilah Layak Dibebaskan Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas