728x90 AdSpace

  • Latest News

    Jumat, 08 Mei 2020

    BAP Dicabut, Kuasa Hukum Bos MeMiles Minta Kejati Jatim Perbaiki Surat Dakwaan


        Ir.  Vidi Galenso  Syarief SH MH  (kanan)


    SURABAYA (mediasurabayarek.com) - Ing. Ir. 
    Vidi Galenso Syarief SH.MH , selaku kuasa hukum  Bos  MeMiles,  Kamal Terachand, meminta Kejaksaan Tinggi (Kejati)  Jawa- Timur untuk memperbaiki surat dakwaan pada kliennya. 

    Permintaan agar surat dakwaan diperbaiki, berdasarkan adanya surat pernyataan pencabutan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari saksi-saksi,  saksi-saksi mahkota  dan para  tersangka  dalam perkara No. LP.A/115/XII/2019/SUS/JATIM - vide- pasal 144 ayat 1 KUHAP ayat 2 KUHAP.


    Permintaan  tersebut dituangkan Vidi melalui surat resmi yang ia kirim pada  Kepala Kejati Jatim pada Selasa (5/5).  

    “Kita sudah mengirim surat resmi pada Kejati Jatim, perihal permintaan perbaikan surat dakwaan,”ucap Vidi Galenso Syarief SH.MH  Kamis (7/5).


    Menurut Vidi Galenso SH.MH, ada  sepuluh (10)  orang saksi telah resmi mencabut hasil BAP penyidikan Kepolisian. Empat (4) empat di antaranya adalah  saksi mahkota. Mereka adalah  Prima Hendika, Sri Windyaswati, Fatah Suhanda dan tersangka sendiri (Kamal Terachand).

    Sedangkan enam (6)  saksi lainnya yang juga membuat surat pernyataan pencabutan BAP adalah Sunil Terachand, Kamini Kamal Michandani, Lydia, Maryanti, Vasantha Devi dan Dedy Akbar.

    "Bahkan  ada saksi yang BAP -nya sama sekali tidak didampingi lawyer (Prima Hendika).  Itu dia, saya bingung,"  ujarnya.

    Surat pernyataan Pencabutan BAP dari para saksi, saksi saksi mahkota, dan  para tersangka juga telah ditunjukkan kepada hakim dalam sidang permohonan Praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.


    Apabila surat dakwaan itu tidak diperbaiki dan tetap dipaksakan maka menurut Vidi Galenso Syarief SH.MH, hal itu berpotensi menghilangkan bagian penting dari berkas perkara sebagai dasar menggali kebenaran materiil di persidangan.

    “Surat dakwaan telah terdapat cacat formil, dan atau disusun secara melawan hukum. Sepatutnya, surat dakwaan yang demikian wajib diperbaiki,”  katanya. 

    Dijelaskan Vidi Galenso Syarief SH.MH, besar harapannya bahwa pihak Kejati Jaw-Timur dapat memberikan tanggapan yang positif atas permintaan ini.    

    "Saya sudah kirim tembusan sampai ke KY (Komisi Yudisial),MA  Mahkamah Agung (MA), Kejaksaan Agung,  Menkumham dan Presiden," cetusnya. (ded) 
    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BAP Dicabut, Kuasa Hukum Bos MeMiles Minta Kejati Jatim Perbaiki Surat Dakwaan Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas