728x90 AdSpace

  • Latest News

    Jumat, 22 November 2019

    Tiga Terdakwa Pembakar Polsek Tambelangan Divonis Lima dan Tiga Tahun

        Sidang putusan



         Seusai  sidang putusan



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) –  Akhirnya, tiga terdakwa pembakaran Polsek Tambelangan, Sampang,   divonis bersalah dan dijatuhi hukuman penjara lima tahun dan tiga tahun penjara di ruang Kartika 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (21/11/2019).


    Dalam amar putusannya, Hakim Ketua  Eddy Soeprayitno menyatakan, ketiga terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana melakukan, menyuruh melakukan dan turut serta dengan sengaja merusak gedung atau bangunan yang menimbulkan bahaya bagi nyawa orang lain.

    “Mengadili , menjatuhkan pidana kepada terdakwa Habib Abdul Qodir Al Haddad selama lima tahun penjara,  terdakwa Hadi Mustofa dan terdakwa Supandi masing-masing selama tiga tahun penjara,”  ujar Hakim Ketua Eddy.


    Dalam pertimbangannya, majelis hakim berpendapat bahwa para terdakwa merusak Mapolsek karena didasari rasa benci terhadap polisi. Sebab, pernah dicegah polisi di Jembatan Suramadu saat akan berangkat berunjuk rasa di Jakarta.

    Namun demikian, hal  yang memberatkan adalah  Abdul Qodir sebagai tokoh masyarakat, yang  semestinya mencegah terjadinya perusakan. Bukan malah ikut merusak mapolsek. 

    Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa sudah mengaku dan menyesali perbuatannya dengan berkirim surat ke Kapolri untuk menyampaikan permohonan maafnya.

    Atas vonis tersebut, terbukti lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum  (JPU)  Anton Zulkarnain, yang  sebelumnya menuntut Abdul Qodir dengan pidana tujuh tahun penjara.  Sedangkan  Hadi dan Supandi dituntut pidana lima tahun penjara. 


    Baik JPU maupun penasehat hukum terdakwa , Agung Widodo SH MH dan Dimas,  sama-sama  masih pikir-pikir atas vonis yang jatuhkan majelis hakim terhadap para terdakwa.  Mereka belum bersikap apakah akan banding atau tidak atas  putusan tersebut.


    Sehabis sidang, penasehat hukum terdakwa,  Agung Widodo SH MH dan Dimas, 
    mengatakan, putusan yang dijatuhkan pada para terdakwa itu, terlalu berat. 

    "Ini mengingat, pelaku (aktor)  utama dalam aksi perusakan dan pembakaran Polsek Tambelangan, Sampang, itu belum tertangkap hingga saat ini. Terdakwa Hadi dan Supandi hanya melempar batu," cetus Agung Widodo SH MH. (ded)
    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tiga Terdakwa Pembakar Polsek Tambelangan Divonis Lima dan Tiga Tahun Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas