728x90 AdSpace

  • Latest News

    Senin, 25 November 2019

    Terungkap, Eksi Anggraini Jual Emas di Bawah Harga PT Antam

       Sidang Eksi Anggraini 



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  
    Lanjutan sidang  dugaan perkara penipuan jual- beli emas batangan PT. Aneka Tambang (Antam)  , dengan terdakwa Eksi Anggraini (berkas terpisah),  Endang Komara, Misdianto, Ahmad Purwanto,  telah memasuki agenda pemeriksaan terdakwa di ruang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya (PN) , Selasa (19/11/2019).


    Dalam keterangannya, terdakwa Eksi Anggraini menyatakan, mengenal Budi Said pada tahun 2018 lalu. Dia pernah dipanggil Budi Said ke Java Paragon bersama Melina.

    "Saya pribadi hanya beli 4 sampai 5 kg. Budi Said meningkatkan volume pembelian. Diajak ke butik dan kantor PT Antam di Pulogadung, Jakarta," ucapnya.

    Dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Maxi Sigarlaki SH bertanya pada Eksi perihal harga emas yang ditawarkan pada Budi Said.

    Eksi menjawab, pihaknya menawarkan harga  di bawah PT Antam dan pengiriman barang 12 hari kerja. 

    Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU)  Rahmad Hari Basuki bertanya pada Eksi tentang berapa hargayang dipotong dari PT Antam. "Saya potong Rp 70  juta sampai Rp 80 juta. Saya dapat komisi Rp 10  juta per kg. Total komisi dari Budi Said sebesar Rp 57 miliar," katanya.

    Untuk kekurangan emas sebanyak  152.8 kg  Eksi disuruh tanggungjawab, agar direksi PT Antam tidak tersangkut dalam kasus ini.


    Nah ketika, Endang Kumoro (kepala butik PT Antam) menjalani pemeriksaan terdakwa, terbongkar semuanya. Bahwa, Eksi Anggraini tidak  pernah mengkomunikasikan harga emas dengan terdakwa Endang Kumoro.

    "Saya pernah tegur Eksi, kok menjual harga emas di bawah harga PT Antam. Saya juga tidak pernah menyampaikan pada Budi Said untuk pengiriman barang 12 hari kerja," ucapnya.

    Hal senada disampaikan oleh Misdianto (tenaga admin PT Antam) yang menyatakan, bahwa Eksi mengasih harga pada pembeli di bawah harga PT Antam.


    "Kalau ada yang kurang bayar, Eksi yang bayari," kata Misdianto. Setiap kali ada pembayaran yang kurang, maka Eksi yang melunasinya. Biasanya Eksi membayar kekurangan dibayar secara transfer dan tunai.

    Namun demikian, Eksi pernah mengambil emas dan belum dibayar. Hal ini tidak diperbolehkan oleh PT Antam. Sebab, faktur dibuat bila ada  pembayaran yang masuk. Diketahui, ada  kekurangan sekitar 152,8 kg emas. 

    Demikian halnya dengan pernyataan  Ahmad Purwanto (PT Antam) yang menegaskan,  pada Mei  2018 lalu telah mendengar ada rumor kalau Eksi menawarkan harga emas di bawah PT Antam.

    Terbetik kabar bahwa Ahmad dikasih Rp 300 juta dan atas inisiatif dari Eksi dan terima. Mengingat adanya kekekurangan  152,8 Kg emas dan  uang tadi dibayarkan. 


    Sebelum sidang ditutup, Hakim Ketua Maxi Sigarlaki SH mengungkapkan, bahwa tuntutan terhadap terdakwa Eksi Anggraini dan Endang Kumoro, Misdianto dan Ahmad Purwanto akan dilakukan pada Selasa ( 26/11/2019).


    "Baiklah, Selasa (26/11) akan dilakukan tuntutan terhadap Eksi Anggraini CS," ungkapnya.

    Ini mengingat, masa penahanan Eksi akan habis pada 12 Desember 2019 mendatang. (ded)












    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Terungkap, Eksi Anggraini Jual Emas di Bawah Harga PT Antam Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas