728x90 AdSpace

  • Latest News

    Minggu, 03 November 2019

    Keterangan Tiga Saksi Pojokkan Terdakwa Eksi Anggraini CS

        Saksi Melina berikan keterangan



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -   Lanjutan sidang  dugaan perkara penipuan jual- beli emas batangan PT. Aneka Tambang (Antam)  Tbk (Antam), dengan terdakwa Eksi Anggraini (berkas terpisah),  Endang Komara, Misdianto, Ahmad Purwanto, kali ini menghadirkan tiga (3) saksi di ruang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya (PN) , Selasa (29/10/2019).


    Ketiga saksi itu adalah 
    Tjio Sin Tjap (adik ipar Budi said) , Melina (Pedagang emas) dan Agung (karyawan Budi Said).Keterangan ketiga saksi ini menyudutkan terdakwa Eksi Anggraini CS (dan kawan kawan-red).


    Dalam keterangannya, saksi  Tjio Sin Tjap  menyatakan , ada kekurangan kiriman emas dari PT Antam sekitar 1.138 kg atau  senilai Rp 573 miliar, yang dibeli oleh Budi Said yang ditransfer ke rekening PT Antam . 

    Setahu Tjio Sin Tjap, dia dilapori bahwa harga emas sekitar Rp 500 juta per kg, karena ada harga diskon. "Kalau nggak diskon harganya  Rp 600 juta per kg.
    Kalau nggak ada diskon, pak Budi Said pasti nggak beli," ucapnya.

    Menurut Tjio Sin Tjap, yang bilang ada diskon adalah Eksi Anggraini. "Saya beberapa kali mengambil emas atas suruhan  Pak Budi. Saya ditelepon Pak Budi untuk mengambil emas. Barang sudah disiapkan dan dihitung sudah cocok dan tinggal ambil saja. Sekali ambil bisa  50 kg, 10 kg, bervarasi," katanya.

    Dijelaskannya, satu batangan emas seberat  1 kg dan sudah mengambil sebanyak 19 kali  pengiriman  emas. "Saya sering mengambil emas bersama  Agung (karyawan Budi Said). Saya tidak melihat adanya  faktur. Tiap kali mengambil emas sering bertemu Eksi, Endang, dan Misdianto," cetus Tjio Sin Tjap.

    Hal senada diungkapkan oleh saksi  Agung ( Karyawan Budi Said) di depan persidangan. "Saya mendapatkan penugasan khusus dari Pak Budi untuk mengambil emas dan mencatatnya. Saya ketemu Eksi dan Endang," katanya. 


    Sementara itu, giliran  saksi Melina (pedagang emas) memberikan keterangan di persidangan. "Saya mengenalkan Budi Said pada Eksi. Saya sering ke PT Antam. Awalnya, saua beli emas 4 kg dengan  harga Rp  505 juta per kg. Dapat diskon dari Eksi," ungkapnya.


    Masih kata Melina, gara-gara mengenalkan Eksi pada Budi Said, hingga Budi menderita kerugian besar. Untuk Melina sendiri, dia mendapatkan komisi Rp 2 miliar dari penjualan emas seberat 200 kg dari Budi Said.

    "Setelah Budi Said menjual emasnya, saya mendapatkan fee. Desember lalu, komisi saya kembalikan pada Budi dengan cara dicicil," tukas Melina.


    Melina  menegaskan, bahwa dia juga mengasih komisi pada Eksi Anggraini. Atas keterangan saksi Melina ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rakhmad Hari Basuki  dan Winarko menanyakan, apakah  Eksi Anggraini mendapatkan komisi dobel dari Budi Said dan Melina.

    "Ya pak Jaksa, Eksi juga saya kasih komisi," kata Melina.

    Dia juga tidak tahu kalau Eksi mengajak Budi Said membeli emas di Pegadaian. 

    Persidangan mulai agak memanas, ketika Hakim Ketua Maxi Sigarlaki menanyakan pada terdakwa Eksi Anggraini mengenai keterangan yang diberikan Melina.

    Eksi menjawab, tidak benar jika dia mungguk-mungguk (merengek-rengek-red) minta Melina untuk mengenalkan pada Budi Said. Selain itu, Eksi menyanggah keterangan Melina perihal komisi.

    Spontan, Melina emosi dan menuding Eksi sebagai 'penipu'. Perang adu mulut antara Melina dan Eksi, langsung dilerai oleh Hakim Ketua Maxi Sigarlaki. 

    "Sudah, sudah...nggak usah ribut lagi. Nanti biar mejelis hakim yang menyimpulkan atas keterangan saksi ini," kata Maxi yang mendinginkan situasi sidang seketika. 

    Sidang pekan depan akan dilanjutkan dengan  pemeriskaan saksi-saksi lainnya dari PT Antam. Mereka adalah Denny Mardiana (SDM Kepegawaian PT Antam),  Abdul Hadi (staf fungsional Dirops PT Antam), Nurhasanah  (program kemitraan PT Antam), Yudi Hermansyah (trading & services PT Antam) dan Nur Prahestu Waluyo (Asisten Manager Trading Ekspor-impor PT Antam).

    "Baiklah, sidang akan dilanjutkan pada Selasa (5/11/2019) mendatang dengan melanjutkan pemeriksaan saksi -saksi yang belum diperiksa di persidangan," kata Hakim Ketua Maxi Sigarlaki SH MH, seraya mengetukkan palunya, sebagai pertanda sidang ditutup.  (ded)







    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Keterangan Tiga Saksi Pojokkan Terdakwa Eksi Anggraini CS Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas