728x90 AdSpace

  • Latest News

    Jumat, 01 November 2019

    Gugatan PMH Gunung Sari Intan Vs Bank Amar, Memasuki Babak Pembuktian Tergugat

        Sugijanto SH, MH, M Kn


       Suasana sidang 

    SURABAYA (mediasurabayarek.com) - Sidang gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) yang dilakukan Gunung Sari Intan (penggugat) melawan Bank Amar (tergugat 1), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPPNL/tergugat 2), dan Turut Tergugat (TT) Suharsono Sudjono--pemenang lelang , telah memasuki agenda pembuktian tergugat di ruang Sari 3 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (31/10/2019).


    Dalam sidang perkara No 393 yang dipimpin oleh hakim ketua, Dewi Iswani SH ini, pihak  tergugat mengajukan bukti-bukti pada mejelis hakim. Tergugat 1, mengajukan akta lelang, surat perdamaian  yang menyatakan bila tidak ditaati obyek agunan akan dilelang , dan lainnya.

    Kuasa hukum Bank Amar (tergugat 1), Sugijanto SH, MH, M Kn menyatakan, pihaknya mengajukan beberapa bukti, di antaranya adalah  akta lelang, perdamaian yang intinya jika tidak ditaati oleh Gunung Sari Intan, maka obyek agunan akan  dilelang, dan lainnya.

    "Kami menyerahkan bukti lelang, surat perdamaian dan lainnya," ucapnya.


    Dalam penyerahan bukti-bukti yang diajukan tergugat 1 dan 2 berlangsung hampir 1 jam lamanya. Hakim Ketua Dewi Iswani SH dan hakim anggota Husaini dan Slamet, memeriksa kelengkapan bukti-bukti di depan persidangan.

    Namun demikian, kuasa hukum TT (pemenang lelang) belum menyerahkan  bukti-bukti surat dan meminta waktu pekan depan. Rencananya, TT akan menyerahkan  hasil penetapan eksekusi, akta lelang dan berita acara serah terima bangunan dan buku 2 petunjuk teknis perdata. 

    Hakim Ketua, Dewi Iswani SH mengatakan, pihaknya akan melanjutkan sidang dengan agenda penggugat akan mengajukan saksi dan TT akan menyerahkan bukti surat pada pekan depan.

    "Baiklah, sidang akan dilanjutkan pekan depan. Penggugat akan mengajukan saksi dan TT akan menyerahkan bukti surat. Dengan demikian, sidang kami nyatakan ditutup," kata Dewi seraya mengetukkan palunya, sebagai pertanda sidang berakhir.


    Sehabis sidang ,  kuasa hukum Bank Amar (tergugat 1), Sugijanto SH, MH mengatakan , pembuatan perjanjian perdamaian antara Gunung Sari Intan dan Bank Amar itu , intinya utang Gunung Sari Intan sepakat akan dilunasi pada akhir Pebruari 2018 lalu.

    Faktanya, sampai tanggal jatuh tempo yang telah disepakati kedua belah pihak, terjadi perbuatan wanprestasi. Sebagaimana disepakati, bank Amar berhak melakukan lelang ruko Gunung Sari Intan dan dijual pada orang lain.

    "Dan akhirnya , lelang dilakukan pada  28 Desember  2018," cetus  Sugijanto SH, MH.

    Namun demikian, lanjut dia, ketika dalam pengajuan akta kredit utang antara Gunung Sari Intan dan Bank Amar, disebutkan bahwa Direktur Utama (Dirut) Gunung Sari Intan adalah Welly Tanubrata dan Mariani Tanubrata sebagai penjamin. 

    Dipaparkan Sugijanto SH, MH, bahwa utang dari Gunung Sari Intan itu sebesar Rp 23,5 miliar.  Kendati sempat membayar, tetapi mandek. Barang jaminan Gunung Sari Intan berupa sebuah ruko di Jl Kertajaya, Surabaya.

     "Karenanya, obyek agunan disita bank Amar dan dieksekusi. Ini sudah sesuai dengan prosedur dan aturan hukum yang berlaku," ungkap Sugijanto SH, MH.

    Ketika lelang ruko, sebagai pemenang lelang adalah Suharsono Sudjono. Pelaksanaan eksekusi dilakukan pada  28 September 2019. 

    "Eksekusi ruko milik Gunung Sari Intan sudah dilakukan September lalu oleh pemenang lelang,"  tukas  Sugijanto SH, MH.


    Sementara itu, kuasa hukum TT (pemenang lelang), Yacobus Welianto SH menegaskan, pihaknya menguasai penuh  atas obyek lelang yang dimenangkannya. 

    "Kami telah membayar cash atas obyek lelang atau ruko Gunung Sari Intan senilai Rp 21,1 miliar . KPKNL yang melakukan lelang ini.  Ruko tu akan dilepas seharga Rp 35 miliar.  Itupun kalau ada peminat serius dan mau membeli ruko tersebut. Pemenang lelang harus dilindungi Undang-Undang," katanya.  (ded)




    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gugatan PMH Gunung Sari Intan Vs Bank Amar, Memasuki Babak Pembuktian Tergugat Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas