728x90 AdSpace

  • Latest News

    Rabu, 30 Oktober 2019

    Saksi Akui Ketakutan Ketika Ada Demo Bank Century, Terpaksa Teken Surat Pernyataan


        Antonius Winda SH 


        Suasana sidang



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Lanjutan sidang lanjutan terdakwa Michael Chung, yang diduga melanggar  pasal 49 ayat (2) huruf d Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Thun 1998 tentang Perbankan, kembali menghadirkan dua saksi fakta di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (29/10/2019).

    Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rakhmat Hari Basuki dan Ni Putu Parwati menghadirkan dua saksi, yakni Niken (mantan pegawai Bank Century dan kini bekeerja di Bank Papua) dan  Wahyu Trenggono (mantan kepala kantor kas Bank Century dan kini karyawan bank JTrus).


    Dalam keterangannya, Niken menyatakan, dia pernah ikut tanda tangan surat pernyataan bank Century bersama terdakwa Michael Chung. "Kala itu, suasana Bank Century ramai oleh banyak pendemo. Karena ketakutan, saya ikutan saja untuk tanda tangan surat pernyataan itu," ucapnya.

    Niken hanya mendengar saja, bahwa adanya surat pernyataan itu menyebakan Bank Century merugi puluhan miliar rupiah, setelah digugat perdata nasabah dan kalah. Sehingga aset Bank Century dilelang.

    Sebenarnya, kata Niken, yang turut menandatangani surat pernyatan itu bukan hanya Michael Chung. AKan tetapi, juga Niken, Ryan, Agung (Marketing) dan saksi Wahyu Trenggono.

      
    Ketika Hakim Ketua, Jihad Arkanuddin menanyakan pada saksi Niken, surat pernyataan itu digunakan untuk apa.

    Niken menjawab tidak tahu sama-sekali surat pernyataan  itu digunakan untuk  apa. Dia jugan tidak tahu surat pernyataan itu benar atau tidak. "Maaf, Yang Mulia saya benar-benar tidak tahu," katanya.

    Setahu Niken, bahwa surat pernyataan itu tidak ada nomor suratnya dan perihalnya. Jadi, surat pernyataan itu tidak sesuai standar baku pada umumnya.


    Ketika kuasa hukum terdakwa, Antonius Winda bertanya pada saksi Niken, ketika ada demo nasabah di Bank Century untuk meminta dananya dikembalikan, yang membawa surat pernyataan itu siapa.

    Niken mengatakan, bahwa surat pernyataan itu sudah ada di mejanya dan langsung diteken. 

    "Apa ada paksaan dari para pendemo atas keluarnya surat pernyataan tersebut," tanya kuasa hukum Antonius Winda SH.

    Niken menjawab, dirinya tidak tahu mengenai hal itu. Ketika melihat surat pernyatan itu sudah ada beberapa yang menandatangani, maka Niken langsung membubuhkan tanda tangannya.

    Sementara itu, saksi Wahyu Trenggono mengungkapkan, surat pernyataan yang dibuat terdakwa itu , ditandatanganinya ketika suasana ramai dan demo besar-besaran di kantor Bank Century Kertajaya. Para nasabah menuntut uangnya dikembalikan.

    "Saya langsung teken surat pernyataan itu untuk menenangkan nasabah yang lagi demo dan marah-marah. Kendati surat ada surat pernyataan, namun mereka tetap demo," cetusnya.

    Dijelaskan Wahyu, ketika demo dan massa begitu banyak di kantor Bank Century Kertajaya, para karyawan ketakutan. Keluarnya surat pernyataan itu, tidak ada teguran dari pimpinan bank.

    "Nggak ada teguran  sama -sekali atas terbitnya surat pernyataan tersebut," ungkap Wahyu.

    Wahyu juga tidak tahu, adanya aset Bank Century yang diambil pihak lain dan dilelang.


    Hakim ketua Jihad Arkanuddin, akan melanjutkan sidang dengan pemeriksaan saksi lainnya pada Kamis (31/10/2019) mendatang. "Baiklah, pemeriksaan dua saksi kali ini , kami anggap sudah cukup. Akan dilanjutkan sidang pada Kamis lusa, dengan menghadirkan saksi lainnya," tukasnya seraya mengetukkan palunya sebagai pertanda sidang ditutup.

    Sehabis sidang, Ketika kuasa hukum terdakwa, Antonius Winda SH mengungkapkan, keterangan dua saksi tadi jelas sekali, khususnya Wahyu   adanya  demo yang  luar biasa dan ada ketakutan dari saksi, mau atau tidak mau , terpaksa tanda  tangan.

    "Niken malah ikut-ikutan tanda tangan. Dia (Niken-reed) Pjs Bank Century Rajawali. Karena pimpinannya ditahan," katanya. 

    Antonius Winda SH mengharapkan Agung, akan dihadirkan pada sidang berikutnya. (ded) 







    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Saksi Akui Ketakutan Ketika Ada Demo Bank Century, Terpaksa Teken Surat Pernyataan Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas