728x90 AdSpace

  • Latest News

    Kamis, 24 Oktober 2019

    Hina Generasi Muda NU, Gus Nur Diganjar 1,5 Tahun






    SURABAYA (mediasurabayarek.com) –  Sempat ditunda sepekan pembacaan putusan atas Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur, terdakwa perkara dugaan ujaran kebencian.

    Akhirnya, Kamis (24/10/2019)  dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara, tetapi tidak ada perintah penahanan dari majelis hakim.


    Dalam amar putusannya, Hakim  Ketua  Slamet Riyadi menyatakan,  terdakwa secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan ujaran kebencian. 

    "Mengadili, menjatuhkan pidana penjara selama satu tahun dan enam bulan,” kata Hakim Ketua Slamet Riady,


    Pertimbangan hakim, imenyatakan terdakwa bersalah telah mendistribusikan dan mentransmisikan video berkonten ujaran kebencian terhadap Generasi Muda Nahdlatul Ulama (NU) yang diunggah melalui sarana elektronik di salah satu akun Youtube.

    “Bahwa unsur setiap orang dan unsur barang siapa telah terbukti. Majelis hakim tidak menemukan alasan pemaaf dan pembenar yang dapat membebaskan terdakwa Gus Nur dari dakwaan penuntut umum. Sehingga Gus Nur haruslah dijatuhi hukuman yang setimpal dengan perbuatannya,” ujar hakim anggota Jihad Arkhanuddin ketika membacakan pertimbangan hukumnya.

    Meskipun  diputuskan  bersalah, namun majelis hakim tidak sepakat dengan perintah penahanan terhadap terdakwa Gus Nur yang dituangkan dalam surat tuntutan.

    Majelis hakim menilai, ancaman hukuman dalam Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik adalah 4 tahun penjara.

    “Ancaman pasal tersebut tidak bisa ditahan. Sehingga majelis tidak sependapat dengan tuntutan penuntut umum yang meminta majelis hakim untuk melakukan penahanan pada terdakwa Gus Nur,” kata  hakim Jihad Arkhauddin.

    Namun demikian, majelis hakim  menolak beberpaa poin keberatan yang diajukan tim penasehat hukum Gus Nur. Diantaranya, Legal Standing saksi pelapor Ma’ruf Syah dalam perkara ini.

    Menurut hakim, Ma’ruf Syah memiliki legal standing sebagai pelapor karena bagian dari anggota Nahdlatul Ulama. Faktanya, vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang sebelumnya meminta agar Gus Nur dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dengan perintah ditahan.

    Usai vonis hakim, terdakwa langsung menyatakan banding. Sedangkan tim jaksa masih menyatakan pikir-pikir.

    Sebagaimana diketahui, kasus ini bermula saat Gus Nur membuat video vlog yang diunggah melalui salah satu akun chanel YouTube yang sebagian isinya dianggap telah mencemarkan nama baik Generasi Muda Nahdlatul ulama (NU).

    Dalam kasus ini, Gus Nur dilaporkan oleh Maruf Syah setelah melihat video vlog tersebut beredar di grup WhatsApp PWNU Jatim dengan judul ‘Generasi Muda NU Penjilat’.

    Gus Nur mengaku kasus yang dihadapinya ini bermula atas tanggapannya terkait status yang dibuat oleh akun Generasi Muda NU yang menyebut dirinya salah satu sebagai ustadz radikal dan Wahabi dari 20 ustad lainya seperti Abdul Somad, Ade Hidayat, Teuku Zulkarnaen. (tim)

    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Hina Generasi Muda NU, Gus Nur Diganjar 1,5 Tahun Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas