728x90 AdSpace

  • Latest News

    Minggu, 29 September 2019

    Pemeriksaan 3 Saksi Dari Bank BCA Memanas









    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Sidang terdakwa Didik Hermadi , selaku Direktur CV Mahameru Utama yang tersandung kasus dugaan penipuan dan memasukkan keterangan palsu dalam akta otentik, memasuki agenda pemeriksaan saksi dari Bank BCA yang digelar di ruang Garuda 2, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (23/9/2019).

    Ketga saksi yang dihadirkan adalah Freddy Ferdiman (analisa kredit BCA), Setiawan Sebastian dan Kuncoro . 

    Ketiga terdakwa ketika ditanya Hakim Ketua, Dede Suryaman SH tentang  tiga SHM yang diagunkan terdakwa Didik pada BCA. Tetapi, tidak bisa melakukan pengosongan.

    "Lho kenapa Bank BCA tidak bisa melakukan pengosongan. Padahal, tiga SHM terdakwa kan sudah dikuasai oleh BCA. Apa masalahnya ?," ucapnya.

    Menurut Hakim Ketua Dede Suryaman, semestinya Bank BCA sudah bisa menguasai dan melakukan pengosongan atas obyek agunan milik terdakwa Didik itu.

    "Perkara ini sebenarnya perdata, bukan pidana," katanya.

    Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU)  mengatakan, perbuatan terdakwa diancam pidana pasal 378 KUHP dan pasal 266 KUHP. 

    Sebagaimana diketahui, perkara ini berawal pada  pada 15 Juli 2011 mendatangi Bank BCA KCP Rungkut Surabaya dengan maksud mengajukan fasilitas kredit modal kerja sebesar Rp 6 miliar dan fasilitas kredit installment loan Rp 3,5 miliar atau total senilai Rp 9,5 miliar.

    Dengan agunan berupa tanah dan bangunan yang terletak di Jl Kebagusan Dalam I/4 Jakarta Selatan, selain itu akta perjanjian pengikatan jual beli No 17, 19 dan 21, tertanggal 16 Pebruari 2011 yang dibuat dihadapan notaris Endang Sri Wahyuni SH MKn notaris di Bogor.

    Terdapat kuasa menjual masing masing dengan No 18,20 dan 22 , tertanggap 16 Pebuari 2011 dihadapan notaris Endang Sri Wahyuni SH MKn.


    Pihak Bank BCA melakukan appraisal, checking BI menganalisa dan mutasi rekeningnya dan lain lain untuk menganalisa kemampuan bayar debitur, kemudian diproses analisa kredit.

    Setelah seluruh proses yang dilakukan tidak terdapat permasalahan, lalu pengajuan kredit dapat disetujui , yang dikeluarkan oleh PT Bank BCA kantor wilayah 3 Surabaya.

    Karena sertifikat atas obyek tanah masih atas nama saksi Puspa Dewi Safat, maka BCA mensyaratkan untuk balik nama atas sertifikat tersebut.

    Pada 4 Agustus 2011 terdakwa Didik Hermadi menghadap notaris Risbert SH, selaku PPAT Jakarta selatan untuk menandatangani atas akta jual beli untuk ketiga sertifikat tersebut, sudah diketahui oleh saksi Machsoen Safat, selaku suami dari saksi Puspa Dewi Safat,

    Setelah BCA mencairkan  kredit Rp 9,5 miliar dan uang ditransfer ke rekening BCA atas nama terdakwa Didik Hermadi.


    Namun, terdakwa Didik macet dalam melakukan pembayaran kredit pada BCA. Pada Desember 2011, pihak Bank BCA menerima akta perjanjian pembelian kembali atau buy back No 8 tanggal 29 Juli 2011 yang dibuat dihadapan saksi Endah Sri Wahyuni, notaris di Bogor. (ded)

    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pemeriksaan 3 Saksi Dari Bank BCA Memanas Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas