728x90 AdSpace

  • Latest News

    Kamis, 04 Juli 2019

    Eksepsi Ditolak, Kuasa Hukum Siap Lanjutkan Sidang Pemeriksaan Pokok perkara


        Kuasa hukum Arief A. Nindita SH


        Situasi sidang Oey Juliawati




    SURABAYA (mediasurabayarek.com) -  Sidang lanjutan  terdakwa Oey Juliawati Wijaya telah  sampai pada babak pembacaan putusan sela yang dilakukan hakim ketua Maxi Sigarlaki di ruang Sari 2 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (3/7/2019).




    Dalam putusan sela yang dibacakan hakim ketua, Maxi Sigarlaki SH,menyatakan, menolak eksepsi (nota bantahan) yang disampaikan oleh kuasa hukum terdakwa  Oey Juliawati Wijaya.

    "Menyatakan eksepsi kuasa hukum terdakwa ditolak dan sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan perkara pada Rabu (17/7/2019) mendatang," ucap hakim ketua Maxi.


    Sebagaimana diketahui, terdakwa didakwa melakukan tindak pidana pasal 317 ayat (1) KUHP, pasal 311 ayat (1) KUHP, pasal 220 KUHP dan pasa 310 ayat (1) KUHP.


    Menurut hakim ketua Maxi, sesuai permintaan kuasa hukum terdakwa yang memohon sidang pemeriksaan saksi dilakukan pada Rabu (17/7/2019) depan. 

    "Baiklah, karena ini permintaan kuasa hukum, maka kami kabulkan sidang lanjutan akan dibuka pada dua minggu lagi," katanya.


    Sementara itu, kuasa hukum terdakwa, Arief Agus Nindita SH Mhum mengatakan, menghormati putusan sela yang diputuskan majelis hakim tersebut.

    "Kami selaku kuasa hukum tetap menghormati apa yang telah diputuskan majelis hakim dan siap melanjutkan persidangan dengan pemeriksaan pokok perkara nantinya," cetusnya.

    Dijelaskan Arief Agus Nindita SH Mhum, pihaknya akan mengikuti jalannya pemeriksaan pokok perkara dan menggunakan hak- haknya selama menjalani persidangan. 

    "Kami juga siap untuk melakukan pembelaan atas klien (terdakwa-red)," ungkapnya.

    Ditambahkan  Arief Agus Nindita SH Mhum, pada persidangan  yang akan digelar pada dua pekan lagi itu dengan agenda pemeriksaan saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). 

    JPU Sabethania dan Erna dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) juga mengatakan, pihaknya siap melanjutkan persidangan dengan agenda menghadirkan saksi nantinya.

    Sebagaimana diungkapkan Kuasa hukum Arief Agus Nindita SH Mhum, sebelumnya, bahwa  uraian dalam surat dakwaan JPU terbilang  tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap. 

    Dakwaan JPU tidak tepat , karena yang didakwaan kepada terdakwa itu bukan merupakan tindak pidana kejahatan atau pelanggaran.  Akan tetapi, merupakan masalah atau perselisihan perdata belaka.

    Dakwaan tidak tepat , karena apa yang didakwakan kepada terdakwa telah pernah diputus dan telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Lagian, dakwaan tidak tepat, karena apa yang didakwakan kepada terdakwa telah lewat waktu atau kadaluarsa.   (ded)
    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Eksepsi Ditolak, Kuasa Hukum Siap Lanjutkan Sidang Pemeriksaan Pokok perkara Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas