728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sabtu, 16 Februari 2019

    Sumardi SH MH: "Bentuk Desa Sadar Hukum, Bangun Ekonomi Kerakyatan "



    SURABAYA (mediasurabayarek.com) –   Ketua Perkumpulan Advokat Indonesia (Peradin) Jawa- Timur , Sumardi SH MH yang maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Jatim Dapil 3 dari Partai Golkar ini,  ingin mengabdikan diri pada masyarakat.

    Utamanya, akan berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat tidak mampu. Kedua hal ini menjadi sangat penting sekali.


    "Perkembangan saat ini, kesadaran hukum masyarakat tidak mampu menjadi perhatian khusus. Sebab, banyak perkara hukum  yang tidak dipahami oleh mereka. Jadi, peningkatan kesadaran hukum masyarakat kelas bawah menjadi hal penting," ucap Sumardi yang ditemui di kantor  Peradin Jatim di Surabaya, Sabtu (16/2/2019).


    Menurut pria yang juga menjabat sebagai  Koordinator Wilayah Posbakumadin  Jatim ini,  pihaknya  tergerak untuk membentuk desa sadar hukum. 

    "Saya ingin membentuk masyarakat sadar hukum, dengan membentuk kader-kader sadar hukum di seluruh pelosok desa. Ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan hukum," kata Sumardi.


    Jikalau masyarakat makin sadar hukum, akan berdampak positif terhadap penurunan tingkat kriminalitas  secara signifikan, sekaligus meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa. 

    Adanya sadar hukum akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat desa maupun masyarakat Indonesia.


    Dijelaskan Sumardi, pihaknya ingin memberikan sumbangsih   tenaga dan  pikiran  untuk  masyarakat luas. Khususnya di Dapil 3, akan terbangun ekonomi kerakyatan berbasis sadar hukum.

    Hal itu menjadi sangat oenting, bagaimana  masyarakat desa  bisa meningkat kualitas SDM-nya untuk membangun manusia yang lenbih bermanfaat bagi semua orang. 

    Apa yang akan diperjuangkan Sumardi itu nantinya, sejalan dengan komitmen Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) untuk mensejahterakan rakyat  yang akan dilakukan  caleg-calegnya yang telah terseleksi dan berintergritas tinggi.

    Sumardi adalah salah seorang caleg untuk DPRD Provinsi Jawa Timur yang  diandalkan dan  bisa memenangkan pertarungan di Dapil 3 yang meliputi Kabupaten dan Kota Probolinggo serta Kabupaten dan Kota Pasuruan.

    Sumardi memang punya reputasi baik dan dipercaya di sejumlah organisasi yang diikutinya. Pria kelahiran tahun 1974 ini pengacara yang juga pengusaha sukses. 

    Dia juga  sebagai Ketua Baladhika Karya Jatim, organiasi yang menurut sejarahnya ikut andil atas berdirinya Partai Golkar. Ormas ini satu induk organisasi dengan SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia).


    Sumardi juga tercantum sebagai pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), dan aktif sebagai anggota Tim Cyber Anti Hoax Jatim.



    Bisakah membagi waktu? “Tidak ada masalah bagi saya. Buktinya, selama ini, pekerjaan dan tugas, baik usaha maupun sebagai lawyer, ditambah dengan beberapa organisasi, semuanya jalan sesuai sistem,”  cetus pria yang hobby berorganisasi dan selalu tampak energik ini.



    Diungkapkan Sumardi, bahwa aktifitas di sejumlah ormas yang ditekuni memang banyak menyerap tenaga, waktu dan pikiran. Namun, dia justru senang karena membuatnya semakin paham tentang kebutuhkan organisasi dan banyak orang.

    Ada kegembiraan yang dirasakan, selain menyenangkan orang, dia mampu mengarahkan tujuan organisasi. Melalui ormas Baladhika Karya Jatim yang dinahkodai misalnya, dia bisa mengatrol kemajuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan membuat semakin kaya pengetahuan tentang potensi ekonomi di berbagai wilayah.

    Selaku Koordinator Wilayah Posbakumadin Jatim, Sumardi aktif menggerakkan 12 cabang organisasi se-Jatim ini untuk memberi pendampingan hukum bagi para keluarga tidak mampu.

    Menurutnya, anggaran dari pemerintah pusat sudah ada, tapi masih banyak masyarakat kecil yang tidak paham adanya ini.

    Demikian halnya Sumardi yang juga sebagai 
    Ketua Baladhika Karya Jatim,  yang semula vakum, setelah dia pimpin kini berkembang menjadi 25 cabang aktif. Tidak hanya di tingkat kabupate/kota, tapi juga di tingkat kecamatan.

    “Saya mohon doa restunya, semoga saya diberi kesempatan untuk mengabdi ke masyarakat luas. Saya ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik melalui pemahaman hukum, pengembangan ekonomi kreatif, maupun lewat pembuatan peraturan yang memberi kemudahan masyarakat buka atau mengembangkan usaha,” kata Caleg DPRD Provinsi Jatim Dapil 3 nomor 5 dari Partai Golkar ini. (ded)




    • Blogger
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sumardi SH MH: "Bentuk Desa Sadar Hukum, Bangun Ekonomi Kerakyatan " Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas