728x90 AdSpace

  • Latest News

    Senin, 08 Januari 2018

    43 Politeknik Negeri Akan Buka Pendaftaran Jalur PMDK





    SURABAYA (mediasurabayarek.com)- Untuk memudahkan para lulusan SMA dan SMK yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di Politeknik negeri se-Indonesia , akan dipermudah dengan adanya video tutorial pada tahun ini.

    Mereka bisa memilih 43 politeknik negeri se-Indonesia yang akan membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) pada 15 Januari 2018. 

    Ketua Pelaksana PMDK Politeknik Negeri, Rusminto Tjatur Widodo  menyatakan, jalur PMDK ini untuk memfasilitasi lulusan-lulusan pendidikan menengah terbaik melakukan proses pendaftaran yang mudah dan efisien.

    "Para pendaftar tidak perlu datang ke politeknik, ter kecuali politeknik negeri yang sulit terakses jaringan, seperti Politeknik Negeri Nusa Utara, Sulawesi, atau Politeknik Negeri Fakfak, Papua," katanya didampingi Andri Suryandari, Humas PENS kepada media massa di acara workshop peningkatan mutu penerimaan PMDK-PN tahun 2018 di Surabaya, Senin (8/1).

    Menurut  Rusminto, pihaknya belum mengetahui jumlahnya, termasuk daya tampung nantinya.

    "Ya, kita serahkan semuanya pada masing-masing politeknik negeri," ucapnya. 

    Namun demikian, pada tahun lalu,  jumlah pendaftar mencapai 200.000 dan tahun ini diharapkan bisa lebih meningkat lagi.  

    Sedangkan  di   Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) , kuota jalur PMDK juga belum ditentukan. Namun begitu, rentang waktu empat tahun terakhir ini, kuota jalur ini sebesar 50 persen dari total daya tampung mahasiswa baru.

    "Tahun ini daya tampung mahasiswa baru PENS sebanyak 750. Itu akan terbagi  jalur PMDK, tes tulis, dan jalur mandiri. Ada sebanyak 13 program studi yang ditawarkan PENS, terdiri delapan  prodi D4 dan lima prodi D3," cetusnya.

    Untuk tahapan PMDK dimulai  pengisian data sekolah dan pengisian data oleh siswa pada 15 Januari sampai 14 April. Pendaftaran oleh siswa baru bisa dilaksanakan mulai 22 Januari sampai 14 April dan pengumuman akan dilakukan pada pada 9 Mei nanti.

    "Persyaratan pendaftaran adalah menyertakan berkas berupa nilai rapor selama lima semester. Kemudian sertifikat prestasi juara kompetisi, baik tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional, bahkan internasional," tukasnya. 

    Sementara itu, Wakil Direktur 4 PENS, Edi Satrianto mengatakan, kehadiran politeknik di daerah memiliki potensi yang luar biasa. Dengan adanya pemerataan pendidikan tinggi di seluruh Indonesia akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah/daerah masing-masing.

    "Kondisi ini akan mempercepat dan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang mandiri," tandasnya. (ded) 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. Kami mohon kalo ada Informasi yang terkait dg studt lanjut kami dikirimi untuk selanjutnya akan kami lanjutkan ke anak didik kami..terima kasih..

      BalasHapus

    Item Reviewed: 43 Politeknik Negeri Akan Buka Pendaftaran Jalur PMDK Rating: 5 Reviewed By: Media Surabaya Rek
    Ke Atas